PINANGKAMPAI.COM, RIAU –¬†Jumlah kasus positif COVID-19 di Provinsi Riau saat ini sudah menembus angka tiga ribu kasus dengan catatan ter-update yakni 3.160 orang yang terkonfirmasi.

Ledakan kasus hingga menembus angka 3 ribu itu terjadi pasca penambahan 192 kasus baru, Kamis (10/9) lalu.

Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Riau mengatakan dari 3.160 kasus yang ada, sebanyak 1.491 pasien sudah pulih dan diperbolehkan pulang ke rumah.

“Sementaamra 1.611 lainnya masih diisolasi dengan rincian, 1.025 orang menjalani isolasi mandiri dan 586 lainnya menjalani isolasi, serta rangkaian perawatan di rumah sakit,” kata Mimi, Jumat (11/9).

“Kabar dukanya, sampai saat ini kumulatif pasien yang meninggal dunia juga terus bertambah. Pagi ini totalnya 58 jiwa,” imbuhnya.

Sang Kadinkes Riau itu menegaskan seluruh masyarakat harus lebih sadar dalam menerapkan protokol kesehatan, langkah itu dinilai mampu mencegah penularan wabah pandemi dengan baik dibandingkan bersikap remeh.

“Karena itu, mari lebih disiplinkan diri dalam menjalankan protokol kesehatan yang baik dan benar. Terkhusus masker, wajib dipakai. Jadi penularan bisa kita cegah maksimal, jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi. Imbauan dari pemerintah jangan dianggap angin lalu,” pungkasnya.