PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Sekitar 88 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Riau disebut telah menerima bantuan Rp2.4 juta dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM.

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Bakhtaruddin, Kamis (10/9).

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan stimulus yang dikhususkan bagi para pelaku usaha yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), seluruh penerimanya diharap mendapat manfaat dan mendongkrak siklus perekonomian.

“Sementara ini, bantuan sudah direalisasikan kepada 88 ribu pelaku UMKM dengan total dana sebesar Rp105 miliar,” kata Bakhtaruddin.

Adapun para penerimanya ialah, seluruh pelaku UMKM yang sebelumnya telah terdata dan terverifikasi melalui tiga kantor perbankan yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Penyaluran bantuan itu digagas pemerintah sebagai upaya pemulihan ekonomi para perambah usaha di berbagai lini atau bidang. Diharapkan,  UMKM dapat terus bertahan atas gempuran dan keterpurukan perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

Perihal penyaluran bantuan tersebut, lanjutnya, tercantum dalam surat Kementerian Koperasi dan UMKM bernomor 367/SM/VIII/2020 yang diterbitkan pada 4 Agustus 2020 lalu tentang pendataan program bantuan bagi pelaku usaha mikro.

“Terkait cara dan syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM Rp2.4 juta itu, silahkan dilihat di laman resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI,” pungkasnya.