PINANGKAMPAI.COM, ROKAN HULU – Salah satu jalan lintas yang menghubungkan Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hulu (Rohul) di sektor Sontang kembali tergenang banjir.

Aliran deras air keruh dari kanal dan rawa sekitar kian menggenangi dan membuat ruas jalan bak anak sungai.

Akibatnya, arus lalu lintas di sana kembali terganggu. Kendaraan roda dua dan empat bahkan tak bisa melintas demi alasan keamanan dan menghindarkan kendaraan mogok akibat kemasukan air pada bagian mesinnya.

“Beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi, jadi debit air dari kanal dan rawa sekitar ikut meninggi dan akhirnya mengalir dan menggenangi ruas jalan,” kata Ridwan Saleh (54), salah seorang warga Sontang, Rohul, Senin (5/4).

Selain karena banjir, gangguan pada akses perlintasan tersebut juga semakin diperparah dengan semakin melunaknya ruas jalan yang mayoritas tak beraspal ini.

Hanya mengandalkan lapisan tanah yang diratakan, begitulah kronisnya akses jalan yang ada di sektor tersebut. Kini, ruas jalan tanah itu kian lebur menjadi adonan lumpur yang siap mencengkram roda kendaraan yang nekat menerobos.

“Kemarin ada truk yang terjebak lumpur, ada pula yang terbalik. Bahkan ada yang mogok. Itu akibat terlalu memaksakan diri dan kendaraannya untuk melintasi jalan, padahal kondisinya sedang tidak aman,” ucapnya.

Hingga saat ini, kata Ridwan menegaskan, keadaan jalan itu belum pulih sepenuhnya. Ia pun mengimbau agar setiap pengguna jalan untuk dapat mencari lintas alternatif menunggu keadaan tersebut segera membaik.

“Jangan paksakan lewat Sontang, jalan masih tak aman untuj dilewati. Cari jalan alternatif saja, supaya lebih aman dan tenang,” pesannya.