PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Kapal berbendera India berlabuh di Dumai, Riau. Pasca bersandar, otoritas setempat pun melakukan uji kesehatan terhadap awak kapal.

Hasilnya, sang Nakhoda dan empat anak buah kapal (ABK) disebut terpapar wabah pandemi COVID-19. Kelima orang kru (termasuk Kapten) kapal asing ini dinyatakan positif terpapar COVID-19 setelah melalui tes PCR oleh tenaga medis yang diberi kewenangan mengawasi awak kapal tersebut.

“Kemarin Kaptennya. Nah, hari ini ada tambahan lagi. Empat ABK-nya positif, setelah dites PCR,” kata juru bicara COVID-19 Riau, dr. Indra Yovie, Selasa (4/5).

Ia menegaskan, kondisi keempat ABK kapal India tersebut masih tergolong ringan. Berbeda dengan sang kapten yang kini sudah mendapatkan perawatan khusus di salah satu rumah sakit di kawasan Pekanbaru, lantaran digolongkan dalam kondisi (paparan) sedang menuju berat.

Karena berstatus paparan ringan, keempat ABK disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di dalam kapal. Untuk memantau kondisi kesehatan dan memperketat isolasi mandiri ini, tim medis pun diturunkan untuk memantau langsung.

“Tahu sendiri lah bagaimana perjuangan tim medis, pakai Hazmat naik tangga kapal. Tapi bagaimana pun ini tugas, siapa pun dari mana pun sudah kewajiban kita memberikan pertolongan,” serunya.