PINANGKAMPAI.COM, DURI – Genderang perang terhadap Pandemi Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19) terus ditabuh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau. Salah satu bentuk pencegahan alias mitigasi terkait wabah itu ialah pendirian Posko Terpadu di Lapangan Sultan Syarif Kasim (SSK), Kecamatan Bathin Solapan, Duri.

Pembuatan posko tersebut merupakan tindak lanjut rapat terbatas (ratas) yang dilaksanakan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis, Bustami, HY di Kantor Kecamatan Mandau, beberapa waktu lalu. Hasil dari pertemuan itu dicetuskan tentang pembuatan posko di tiga lokasi dan pemantapan RSUD Mandau sebagai wadah rujukan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus.

“Selain memantau kesiapan RSUD, kita juga merencanakan pendirian tiga posko terpadu di Kecamatan Pinggir, Mandau dan Bathin Solapan,” kata Bustami, usai melaksanakan ratas itu.

Menindak lanjuti program prioritas dalam rangka pemberantasan wabah tersebut, Camat Bathin Solapan, Wahyudin turut mendukung pendirian posko di wilayah tugasnya. Dia yang dikonfirmasi tim pinangkampai.com menyerukan bahwa program tersebut merupakan hajatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dan kemudian disamppaikan ke masing-masing wilayah kecamatan yang ada.

“Itu program Pemkab dan akan melibatkan unsur Paramedis, Organisasi Angkutan Darat (Organda), TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan jajaran Satpol PP Bathin Solapan,” kata Wahyudin, Sabtu (11/4) pagi.

Wahyudin menyebutkan, mulai besok, Minggu (12/4) pengoperasian posko terpadu itu mulai dilaksanakan. Segala sesuatunya bakal terus diperlengkapi secepat mungkin, sebelum waktu operasional yang telah dijadwalkan.

“Paling lambat 12 April, besok sudah mulai beroperasi,” imbuhnya.

Adapun sistem operasional di posko itu, lanjutnya, untuk memantau setiap perjalanan atau kedatangan para penumpang yang menggunakan armada transportasi darat meliputi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) hingga armada travel yang ada dan melintas di Sebangar hingga ke Duri, Riau.

“Nanti setiap penumpang yang tiba atau hendak berangkat dari Duri, akan diarahkan terlebih dahulu ke posko pemeriksaan untuk mendeteksi penyebaran Corona, jadi sebisa mungkin kita perketat pengawasan,” kata Wahyudin.

Adalun lokasi pendiriam posko terpadu sebagaimana dimaksudkan Plh Bupati Bengkalis, Bustami HY akan dipusatkan di Lapangan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Bathin Solapan yang berpapasan langsung dengan jalan lintas Sumatera, serta berbatasan dengan Kecamatan Mandau, Duri.

“Kita sangat respon, kita sedang laksanakan. Nantinya semua pendatang dari daerah lain harus terlebih dahulu menuju posko untuk memeriksakan kesehatannya,” katanya lagi.

Dengan tersedianya posko terpadu di Duri, Wahyudin berharap penanggulangan dan pemberantasan wabah Covid-19 dapat terlaksana dengan sangat efektif, serta mempersempit wilayah penyebarannya di wilayah Duri, Riau.

“Jadi untuk selanjutnya, kita harap seluruh pemilik travel dan bus, serta semua penyedia jasa transportasi baik besar maupun kecil untuk ikut serta membantu suksesnya kinerja tim di posko terpadu itu. Setiap kedatangan nantinya bakal melewati posko dan mengikuti pengecekan kesehatan. Mari saling mendukung, agar program ini dapat bermanfaat sebaik mungkin,” pungkasnya.