PINANGKAMPAI.COM, BENGKALIS – Beberapa waktu lalu, logistik pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Bengkalis disebut telah tiba.

Logistik berwujud lembaran surat suara guna keperluan pada 9 Desember mendatang disebut dikawal langsung mobilisasinya dari Pulau Jawa, hingga tiba di Pulau Bengkalis, Riau dengan kondisi yang sangat baik.

“Ada personel yang kita kerahkan sepanjang pengawalan dari Jawa hingga ke Bengkalis. Setibanya di Bengkalis, semua masih tersegel dengan baik,” kata Kapolres Bengkalis, AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT, Selasa (17/11) lalu.

“Semuanya (surat suara) masih tersegel dalam kotak yang ada. Distribusinya kita kawal ketat,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua KPU Bengkalis, Fadhillah Al Mausully turut membenarkannya. Ia mengatakan, 398.267 lembar surat suara yang terbagi dalam 200 kotak tiba di Bengkalis, Sabtu (14/11) lalu.

Tiba di Bengkalis, seluruhnya terpantau dalam keadaan baik (bersegel). Rangkaian perjalanan logistik pesta politik itu tak sedikitpun luput dari pengawalan petugas, ketibaannya pun langsung dilaporkan ke jajaran KPU pusat.

“Sudah sampai di Bengkalis, dikawal ketat,” kata Fadhillah.

Setelah tiba, lanjut Fadhillah, ratusan ribu lembar surat suara itu langsung dilipat. Mempersingkat waktu, jajaran KPU Kabupaten Bengkalis langsung merekrut sekitar 100 orang guna mempercepat proses pelipatan.

“Kita rekrut sekitar 100 orang untuk membantu melipat surat suara, sepanjang pelipatan, petugas kepolisian tetap melakukan pengawalan dan pengawasan yang sangat ketat. Jangan sampai ada kecurangan,” ungkap ketua KPU Bengkalis ini.

Usai dilipat, logistik Pemilukada itu bakal segera didiatribusikan ke berbagai Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. Serupa dengan kedatangannya, proses distribusi nantinya juga bakal dikawal ketat.

“Minimal, H-5 (surat suara) dan seluruh keperluan dalam ajang pemilihan sudah tiba di seluruh TPS terdaftar. Termasuk alat pelindung diri (APD), semua bakal dikondisikan semaksimal mungkin lima hari sebelum pencoblosan,” kata Fadhillah menegaskan.

“Kami harap tidak ada kendala selama pelaksanaan tugas kedepannya, dan kita sama-sama berharap agar Pemilukada 9 Desember mendatang bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” pungkasnya.