PINANGKAMPAI.COM, DUMAI – Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Moda Transportasi dan Larangan Mudik kian berdentum.

Secara perlahan, berbagai moda transportasi mulai berhenti lalu lintasnya dalam mengangkut penumpang. Baik travel, bus, bahkan armada kapal laut pun terimbas.

Seperti informasi terbaru yang dilansir di laman resmi Dumai Express Group, dijelaskan bahwa keberangkatan Kapal Dumai Line – Dumai Express dengan rute Batam, Tanjung Samak, Repan, Sei Tohor, Selat Panjang, Buton, Bengkalis dan Dumai mulai stop operasinya mulai Kamis (6/5).

Penghentian keberangkatan, sebagaimana dijelaskan, bakal berlangsung hingga 17 Mei mendatang. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti SE terkait pembatasan moda transportasi dan menghindarkan lalu lintas pemudik di masa pandemi COVID-19.

“Mulai 6-17 Mei 2021, Dumai Line – Dumai Express Group dengan rute Batam, Tanjung Samak, Repan, Sei Tohor, Selat Panjang, Buton, Bengkalis dan Dumai tidak beroperasi,” tulis keterangan di laman resmi Dumai Express Group, sebagaimana dilansir tim PinangKampai.com, Minggu (2/5).

Terpisah, Kepala Kesyahabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis, Julharia turut memastikan bahwa kapal yang awalnya melayani pelayaran domestik antar Provinsi tidak akan beroperasi selama larangan mudik diterapkan.

“Tentunya, informasi ini juga berdampak pada pelayaran dari Bengkalis menuju Kepulauan Riau. Moda transportasi laut dari Batam ke Bengkalis dan Dumai, maupun sebaliknya akan stop sementara selama masa pelarangan mudik lebaran,” jelas Julharia.