PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah Kecamatan Mandau kian menggila, pasalnya pada Senin (14/9) lalu sebanyak empat warga di dalamnya terkonfirmasi positif.

Penambahan jumlah paparan tersebut secara resmi diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin sore. Data tersebut dipaparkan bersama ratusan data pasien lainnya yang juga terkomfirmasi.

“Semalam (Senin, red) terdapat penambahan 128 kasus positif COVID-19 di Riau. Maka kumulatif sampai saat ini mencapai 3.909 kasus,” kata Mimi.

Dia menjelaskan, dari 3.909 kasus uang ada sebanyak 1.383 orang disebut telah menjalankan karantina mandiri, sementara 760 lainnya menjalani isolasi di berbagai fasilitas kesehatan (Faskes) yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Riau.

Selain itu, sebanyak 1.692 orang dinyatakan sembuh dan 74 orang lainnya wafat akibat pandemi. Adapun sebaran 128 kasus baru periode Senin (14/9) lalu meliputi:

  1. Kabupaten Bengkalis: Kecamatan Bengkalis 2 orang, Kecamatan Bukit Batu 1 orang dan Kecamatan Mandau 4 orang.
  2. Kota Dumai: Kecamatan Dumai Barat 2 orang, Kecamatan Dumai Selatan 16 orang.
  3. Indragiri Hilir (Inhil): Kecamatan Tembilahan 2 orang.
  4. Indragiri Hulu (Inhu): Kecamatan Pasir Penyu 1 orang.
  5. Kampar: Kecamatan Kampar 1 orang, Kecamatan Siak Hulu 1 orang dan Kecamatan Tambang 2 orang.
  6. Kabupaten Kepulauan Meranti: Kecamatan Tebing Tinggi 1 orang.
  7. Pekanbaru: Kecamatan Bukit Raya 19 orang, Kecamatan Lima Puluh 3 orang, Kecamatan Marpoyan Damai 6 orang, Kecamatan Payung Sekaki 6 orang, Kecamatan Rumbai 11 orang, Kecamatan Rumbai Pesisir 14 orang, Kecamatan Sail 1 orang, Kecamatan Senapelan 1 orang, Kecamatan Sukajadi 2 orang, Kecamatan Tampan 12 orang dan Kecamatan Tenayan Raya 6 orang.
  8. Rokan Hilir (Rohil): Kecamatan Balai Jaya 2 orang, Kecamatan Bangko 1 orang.
  9. Rokan Hulu (Rohul): Kecamatan Kabun 1 orang, Kecamatan Kepenuhan Hulu 1 orang, Kecamatan Rambah 3 orang dan Kecamagan Tambusai Utara 1 orang.
  10. Siak: Kecamatan Koto Gasib 2 orang, Kecamatan Lubuk Dalam 1 orang dan Kecamatan Tualang 2 orang.

“Maka total penambahan kasus Senin sore lalu itu sebanyak 128 kasus. Data itu sedikit lebih rendah dibandingkan sehari atau dua hari sebelumnya yang melebihi 200 kasus per hari. Tapi penambahan pada Senin itu pun terbilang besar karena jumlahnya masih melebihi angka 100 kasus per harinya,” ujarnya.

Atas paparan COVID-19 yang tak kunjung berkesudahan, Mimi pun mengimbau agar seluruh masyarakat bisa lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi yang kian bergejolak.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan, tetap lakukan physical distancing, mengkonsumsi sayur dan buah serta berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh serta tetap di rumah agar jangkitan wabah pandemi ini bisa kita tuntaskan sesegera mungkin,” pungkasnya.