PINANGKAMPAI.COM, PEKANBARU – Rangka menganalisa dan evaluasi (Anev) kinerja jajaran Polisi Lalu Lintas (Polantas) di lapangan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau menggelar pertemuan rutin, Senin (5/4) pagi.

Agenda tersebut ditaja dan melibatkan seluruh Kepala Unit (Kanit) kecelakaan lalu lintas (Laka) dari masing-masing Polres/Polresta yang ada di Bumi Lancang Kuning tersebut.

Sebagai delegasi Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT sekaligus mewakili Kasat Lantas AKP. Khairul Hidayat, SIK, IPDA. Yopi Ferdian, SH., M.Si selaku Kanit Laka Polres Bengkalis turut serta dalam Anev Triwulan pertama di tahun 2021 ini.

Saat dikonfirmasi, IPDA Yopi membenarkannya. Ia menegaskan, kala itu rapat dipimpin oleh Wakil Direktur (Wadirlantas) Polda Riau AKBP. Dodi yang diwakilkan oleh Kasie Laka Kompol. Bob Martin, SIK.

Secara spesifik, pertemuan itu digagas untuk memaparkan informasi seputar seluruh peristiwa atau kecelakaan lalu lintas yang ada di wilayah hukum Polda Riau, termasuk Polres Bengkalis di dalamnya.

“Disana, kami para Kanit Laka dari masing-masing Polres/Polresta se-Riau hadir dan memaparkan setiap hal yang berhubungan dengan insiden di jalan raya,” kata Yopi, Selasa (6/4).

Agenda tersebut, kata dia, merupakan rapat triwulan perdana di tahun 2021. Sepanjang pelaksanaan pertemuan berbasis protokol kesehatan itu, kinerja seluruh petugas dipaparkan dalam menangani setiap laporan pasca terjadinya laka lantas di masing-masing daerah.

“Tujuannya, untuk mengecek kelengkapan administrasi dan memastikan apakah kinerja penyidikan yang dilaksanakan setiap personel sudah sesuai prosedur dan tidak menyulitkan masyarakat,” kata dia memaparkan hasil pertemuan tersebut.

Selain itu, masih kata dia, pertemuan tersebut pun digesa untuk tetap memastikan setiap kinerja Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di masing-masing Polres/Polresta dapat terlaksana dengan semangat kerja yang PRESISI, sebagaimana diamanatkan oleh Kapolri, Jenderal Polisi Sigit Listyo Prabowo.

“Intinya, dalam Anev tersebut kita memaparkan sejauh apa kinerja kita dalam menangani setiap kecelakaan yang ada di masing-masing wilayah. Dan untuk Bengkalis secara khusus, penyelesaian perkara laka secara garis besar sudah rampung 80 persen,” ucap dia.

“Di akhir pertemuan itu, kita diminta untuk lebih ulet dan maksimal dalam menjalankan tugas, mempertahankan prestasi dan kinerja yang telah dilaksanakan secara baik pada triwulan pertama ini dan tetap humanis dalam mengayomi masyarakat, terkhusus pengguna jalan,” pungkasnya.