PINANGKAMPAI.COM, DURI – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkalis melaksanakan pemantauan operasional Pos Sekat (larangan mudik), sekaligus memantau persiapan petugas di Posko Ketupat Lancang Kuning 2021, Senin (10/5).

Acara itu dimulai dengan melakukan koordinasi di rumah dinas (Rumdin) Kantor Camat Mandau sekira pukul 09.00 WIB. Kala itu, Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., M.MP hadir didampingi Kapolres AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT, Kadishub Djoko Edy Imhar, Kajari diwakili Kasi Intelijen Jaksa Yogi Nugraha, SH, Kadis Kesehatan dr. Ersan, Kadisnakertrans Hj. Kholijah, S.P.d.I, Kepala Dinas Pendidikan Edy Sakura, M.Pd, Hakim dari PN Bengkalis, Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP., M.Si, Camat Bathin Solapan Wahyudin, S.Sos., MM, Direktur RSUD Mandau drg. Sri Sadono Mulyatno, M.Han serta seluruh jajaran terkait lainnya.

Usai melaksanakan koordinasi sejenak, jajaran itu langsung bergerak meninjau tiga pos yang masing-masingnya didirikan di Desa Petani (perbatasan Bengkalis – Rokan Hilir), Simpang Bangko (perbatasan Bengkalis – Rohil) dan pos di depan exit tol Pekanbaru-Dumai di Balairaja, Kecamatan Pinggir.

Sepanjang pemantauan dan pengecekan lapangan, Kasmarni meminta setiap petugas untuk tetap awas dalam melaksanakan tugas. “Sesuai PM 13/2021 dan instruksi lainnya, Mudik Lebaran dilarang. Oleh karena itu, petugas harus memaksimalkan fungsi pengawasan dan penjagaannya. Harus dicek betul setiap pelintas yang hendak masuk ke Kabupaten Bengkalis ataupun yang hendak keluar menuju Kabupaten/Kota, bahkan antar Provinsi,” kata Kasmarni di Pos Sekat Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan.

Hal serupa juga diutarakannya di Pos Sekat Simpang Bangko. Kepada Kapolsek Mandau AKP. Julifer Lumban Toruan, S.Ap dan Danramil 04/Mandau-Pinggir Kapt. Arh. H. Sitorus, Bupati Bengkalis ini meminta agar seluruh petugas yabg dikerahkan tetap dalam kondisi prima.

“Kalau sakit jangan dipaksakan, beri tahu rekan atau pimpinan. Jadi, bisa digantikan penjagaannya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, mita harus saling menjaga sembari melakukan penjagaan di posko perbatasan,” sarannya.

Di sela kesempatan saat memantau posko di Kecamatan Pinggir, tim PinangKampai.com menyambangi Kasmarni. Saat itu ia menjelaskan bahwa situasi saat ini masih aman dan terkendali.

Ia bersama unsur Forkopimda mengaku berusaha semaksimal mungkin dalam penjagaan di pos sekat. Cara ini dianggap sedikit banyaknya membantu dalam penanggulangan wabah pandemi COVID-19 di Negeri Junjungan.

“Selain mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, kita juga memantau persiapan dan kesiapan pos-pos yang ada sempena datangnya hari kemenangan, Idul Fitri 1442 H,” ungkapnya.

“Inshaallah, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, semoga pelaksanaan tugas ini berjalan baik dan kita mampu menekan angka jangkitan COVID-19 di wilayah kita ini. Untuk seluruh masyarakat Bengkalis, silahkan silahturahmi lewat layanan telepon atau video call. Bila tak memungkinkan, silahkan shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Semoga pandemi mendunia ini segera teratasi,” pungkasnya.