PINANGKAMPAI.COM, DURI – Pemerintah Kecamatan Mandau, meliputi jajaran petugas kecamatan, keamanan dan pertahanan melaksanakan operasi gabungan, Selasa (24/3) malam.

Giat malam itu diselenggarakan guna melaksanakan program pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease Nineteen (COVID-19) di tengah keramaian masyarakat dan tempat-tempat hiburan. Kapolsek Mandau, Kompol. Arvin Hariyadi, S.Ik, Wakapolsek, AKP. Ali Suhud, Camat Mandau, Riki Rihardi, jajaran Koramil 04 mandau, Sekcam, Lurah se-Mandau, hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) turut terjun ke lapangan.

Penyisiran tempat-tempat hiburan dan keramaian tersebut dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Menggunakan mobil dinas dari masing-masing instansi membuat pelaksanaannya semakin gencar dalam memberi imbauan sekaligus membubarkan pusat keramaian malam itu.

Operasi dimulai dengan menyusuri lokasi seputaran jalan Sudirman, beberapa spot di jalan itu turut disambangi yakni areal pasar mandau, beberapa penyedia warung internet (warnet), tempat-tempat karaoke dan beberapa usaha makanan serta minuman turut menjadi sasaran petugas gabungan dalam memberi imbauan dan pembubaran keramaian.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan. Kemudian kami menganjurkan untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari tempat-tempat keramaian, penyebaran Corona Virus (Covid-19) paling cepat terjadi di tengah keramaian. Oleh karena itu kami minta untuk segera membubarkan diri, untuk mencegah penularan wabah penyakit ini,” kata Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi melalui pengeras suara di mobil komando satuannya.

Selain itu, setiap tempat-tempat keramaian sepanjang jalan Hangtuah Duri juga disasar. Beberapa jalan dan gang kecil juga disisir guna memaksimalkan kinerja malam itu.

Tempat hiburan seperti gerai Billyard, pusat permainan, karaoke, serta seluruh pusat keramaian hingga ke kios-kios penjajah minuman juga disambangi petugas. Total hampir seluruh wilayah di Kecamatan Mandau disisir petugas malam itu, tak sedikit warga yang akhirnya sadar akan imbauan dan bertolak ke rumah masing-masing.

Adapun imbauan yang disuarakan tim gabungan tersebut, meliputi:

  • Melakukan himbauan kepada pengunjung tempat-tempat keramaian (Pasar Mandau dan warung-warung makanan dan minuman) untuk segera kembali ke rumah.
  • Melakukan himbauan kepada pemilik usaha warung makanan dan minuman untuk tidak menyediakan tempat duduk yang berlebihan dalam berdagang dan diarahkan untuk dibungkus dan dimakan di rumah.
  • Melakukan himbauan kepada pemilik usaha Karaoke, Billyard dan Warnet untuk tidak membuka usaha demi mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Selain memberi imbauan, petugas juga melakukan penindakan, diantaranya:

  • Mengarahkan para pengunjung tempat-tempat keramaian (penjual makanan dan minuman) di wilayah hukum Polsek Mandau untuk segera kembali ke rumah masing-masing serta tidak berkumpul di tempat-tempat keramaian.
  • Melakukan himbauan kepada para pemilik warung makanan dan minuman untuk tidak menyediakan kursi atau meja secara berlebihan, serta menyampaikan kepada pembeli untuk dapat memesan makanan dengan dibungkus atau dibawa pulang saja.
  • Melakukan patroli untuk memeriksa seluruh tempat-tempat keramaian yang ada di seluruh wilayah hukum Polsek Mandau.
  • Melakukan patroli dan pemeriksaan ke seluruh tempat-tempat hiburan, seperti Karaoke, Billyard dan Warnet yang ada di wilayah hukum Polsek Mandau.

Setelah melaksanakan imbauan dan penindakan, warga yang berada di lokasi-lokasi tersebut secara kooperatif menerima dan mendukung program pemerintah dalam memutus rantai panjang corona.

“Untuk selanjutnya kami harapkan seluruh warga dan pemilik usaha, baik jasa hiburan, makanan ataupun minuman untuk mengurangi aktifitasnya. Tidak menerima kunjungan tamu yang berlebihan dan hanya menyediakan pemesanan untuk dibawa pulang. Jangan sampai memesan makanan dan minuman lalu makan di tempat, ini yang kita cegah. Kami harap seluruh masyarakat Mandau makhlum dan mengikuti seluruh imbauan yang disuarakan pemerintah, Polisi dan TNI,” ungkap Riki, Camat Mandau.

Sekitar pukul 22.00 WIB giat tersebut tampak usai, jajaran operasi gabungan pun kembali ke pusat titik kumpul untuk selanjutnya dibubarkan. Senada, keramaian masyarakat di lokasi-lokasi se-Kecamatan Mandau pun tampak mulai terurai atas pelaksanaan giat tersebut.