PINANGKAMPAI.COM, DURI – Kerusakan badan jalan berupa gelombang panjang nan dalam yang membentuk alur roda kendaraan berat di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang membentangi wilayah Hangtuah, Kecamatan Mandau, Duri akhirnya diperbaiki, Kamis (7/5).

Jalan yang semula telah dikeruk menggunakan alat berat tampak disiram aspal cair dan diratakan dengan sistem hotmix atau campuran material panas. Compactor dan alat berat lainnya dikerahkan, beberapa rampu petunjuk perbaikan jalan pun dipasang di kedua ujung jalan yang mengalami perbaikan.

Pantauan di lokasi, sebagian badan jalan tampak telah diperbaiki kembali. Aspal hitam pekatpun menandai barunya material yang dipadatkan, secara bergantian pekerja di lokasi terus mengurai arus lalu-lintas yang sempat padat merayap.

Amir, pekerja di lokasi mengatakan bahwa pengerjaan tersebut masuk dalam proyek Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau. Pihaknya diterjunkan guna melakukan perbaikan dan peremajaan di ruas lintas tersebut.

β€œAtas instruksi dari pusat (PUPR Provinsi), kita langsung kerja. Tujuannya perbaikan dan peremajaan jalan. Yang bisa diremajakan, ya kita rata dan padatkan kembali. Tapi kalau sudah parah, kita keruk dan padatkan aspal yang baru,” ungkap Amir kepada tim pinangkampai.com.

Hingga sekitar pukul 17.00 WIB aktifitas perbaikan tersebut masih berlangsung. Deretan truk yang memuat material campuran aspal panas tampak bersiap di lokasi, sesekali penumpahan material dilangsungkan ke badan jalan yang hendak dipadatkan.

Kini, gelombang dalam yang dapat memicu kecelakaan berujung korban jiwa tampak sirna digantikan padatan aspal yang terus dirapihkan para pekerja dengan menggunakan alat beratnya.