PINANGKAMPAI.COM, PEKANBARU – Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar mengajak seluruh masyarakat di wilayah tugasnya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Agustus 2020.

Kebijakan itu disuarakan guna memaknai momen sakral perjuangan para Pahlawan terdahulu, yang berjuang sepenuh jiwa dalam merebuk tonggak kemerdekaan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Terhitung 1 Agustus, sampai nanti diakhir, masyarakat hendaknya terus mengibarkan bendera di depan rumah masing-masing. Pengibaran selama bulan Agustus, full satu bulan,” kata Syamsuar, Sabtu (1/8) pagi.

Selain kepada masyarakat, ia pun mengingatkan agar seluruh kantor kedinasan, kantor kepala daerah di tingkat Kabupaten/ Kota, kantor-kantor Kecamatan, Kelurahan, Desa hingga Dusun diharapkan seirama dalam mengibarkan lambang perjuangan negara tersebut.

“Tanpa terkecuali, semua wajib mengibarkan bendera sepanjang bulan Agustus 2020. Tak hanya di rumah atau di perkantoran, kendaraan pun kita imbau untuk ikut serta dipasangkan bendera. Kan ada bendera yang kecil khusus untuk mobil atau sepeda motor, saya pikir itu tidaklah sulit,” tegasnya.

Ia menuturkan bahwa seluruh lapisan masyarakat harus lebih arif dalam memaknai momen suci kemerdekaan RI, hal itu disuarakannya mengingat proses perjuangan terdahulu tidaklah semudah yang dibayangkan masyarakat kekinian.

Memasuki usia Kemerdekaan RI ke-75 tahun, dengan tegas ia mengimbau kepada seluruh lapisan kedinasan dan masyarakat di Bumi Lancang Kuning itu untuk ikut serta mengibarkan bendera selama sebulan penuh.

“Butuh tetesan darah dan korban jiwa untuk memerdekakan negara ini, sampai di situ apa kita masih tak peduli? Masih susah hanya untuk mengibarkan bendera saja?,” sindirnya.

“Saya pikir tak ada halangan hanya untuk mengibarkan bendera. Mari bersama-sama kita kibarkan Bendera kebanggaan kita dalam menyemarakkan momen perjuangan kemerdekaan RI di bulan bersejarah ini,” pungkasnya.