PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini empat wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau kembali terjerembab ke lingkaran Zona Merah (Red Zone), Jumat (30/4).

Pengkategorian status itu berdasakan kanian yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Pusat. Secara tegas, wilayah terdampak zona merah ini adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

Atas paparan menggila COVID-19 di dalamnya, pemerintah dan seluruh jajaran terkait perlu mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan bagi daerah yang lain agar tidak mengalami hal yang sama.

“Zona merah yang ada di Riau ini antara lain Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Bengkalis,” kata Syamsuar di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, Jumat (30/4).

Ia menambahkan, saat ini Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar tengah menjadi perhatian karena sudah termasuk zona oranye. Angka kasus COVID-19 disana disebut semakin meningkat, sehingga perlu penekanan dan kehati-hatian supaya tidak terjadi lonjakan kasus.

“Kita semua mesti waspada. Jangan abaikan kondisi saat ini dan tetaplah disiplinkan diri mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

“Jangan sampai kita seperti India, karena kesadaran masyarakatnya menurun untuk mematuhi protokol kesehatan, mengakibatkan ledakan kasus positif yang sangat besar. Untuk itu, kita harus tetap mengajak masyarakat untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkasnya.