PINANGKAMPAI.COM, DURI – Kebakaran hebat terjadi di jalan Desa Harapan, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Duri. Kobaran api terpantau sekira pukul 09.30 WIB, Senin (14/9).

Pantauan di lapangan (jalan Desa Harapan Ujung), gagahan sijago merah itu tampak menghanguskan deretan rumah saat itu. Dari informasi yang berhasil dihimpun, diketahui sebanyak delapan rumah milik warga luluh lantak dan hangus akibat gaharnya amukan api.

Kapolsek Mandau, Kompol. Arvin Hariyadi, SIK saat dikonfirmasi turut membenarkannya. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah diterjunkan dalam tindak pemadaman dan pengamanan tempat kejadian (TKP).

“Personel kita sudah disana,” kata Kompol Arvin menegaskan.

Dikonfirmasi mengenai titik awal kobaran api, ia enggan berspekulasi.

“Penyebab (Kebakaran) masih diselidiki, intinya api dipadamkan dulu mas,” ungkapnya.

Di lokasi, tak sedikit warga sekitar yang akhirnya berhamburan untuk menyaksikan lebih dekat, sebagian lainnya tampak riuh memadamkan dengan alat seadanya.

Adapun unit rumah yang ludes terbakar merupakan rumah petak yang berderet atau letaknya berdampingan. Melihat kobaran api kian menggila, para pemilik dan beberapa penyewa rumah itu histeris.

“Tolong.. Tolong bantu padamkan apinya,” teriak Susi (38) salah seorang penyewa hunian nahas itu.

Mendapat informasi itu, jajaran dari UPT Damkar Mandau langsung menerjunkan armada pemadamnya. Hingga sekira pukul 11.00 WIB langkah pemadaman dan pendinginan masih dilakukan.

“Api berhasil dipadamkan sekira pukul 12.11 WIB. Yang terbakar itu rumah petak dan berderetan, jadi api sangat cepat merembet,” kata Jefrianto, Danru UPT Damkar Mandau.

Atas peristiwa menggemparkan itu, para pemilik dan penyewa rumah tersebut mengaku sangat terpukul. Total kerugian materiil ditafsir ratusan juta rupiah.

“Tak ada korban jiwa, kerugian ditafsir ratusan juta rupiah,” pungkas sang Danru.