PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) yang panjangnya 131,5 kilometer telah resmi beroperasi.

Pengoperasiannya ditandai dengan peresmian yang dilaksanakan secara virtual oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo dari Istana Kepresidenan, Jumat (25/9) lalu.

Jalan tol pertama di Provinsi Riau ini menghubungkan jarak yang terbilang mengular panjang dengan singkat. Jarak tempuh dari Pekanbaru menuju Dumai atau sebaliknya semula mencapai lima jam lebih, namun kini durasinya hanya sekitar 2 jam saja.

“Dari segi waktu saja sudah sangat efisien,” kata Presiden RI, Joko Widodo dalam peresmian virtual itu.

Kini, infrastruktur raksasa di Bumi Lancang Kuning itu sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatra.

Sebagai informasi, rangkaian beton raksasa itu mulai dibangun sejak pertengahan 2017 lalu dan akhirnya diresmikan memasuki akhir September 2020.

Jalan tol Pekanbaru-Dumai diharap mampu meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai, sekaligus mendukung tumbuhnya industri dan sentra ekonomi di wilayah itu.

“Saya titip aset ini kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” harap Jokowi, sapaan hangat sang Presiden RI yang terkenal dengan sosok blusukannya.

Dalam peresmiannya, Menteri PUPR, Basuki lah yang berada di Riau, sebagai perwakilan Presiden untuk meninjau langsung peresmian di lokasi. Gubernur Syamsuar dan pejabat utama lainnya ikut serta dalam menjajaki lintas nasional yang membentang di provinsi penghasil minyak bumi itu.

Sebagai pengawalan, Kapolda Riau menerjunkan personelnya di seoanjang ruas itu. Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT turut ambil bagian dalam serangkaian pengamanan rangka peresmian jalan tol itu.

Jajaran dari Polsek Mandau pun terlibat guna memastikan peresmian di lapangan oleh Menteri PUPR berjalan lancar dan kondusif.