PINANGKAMPAI.COM, DURI – Jelang pelaksanaan Tahun Ajaran Baru (TAB) yang akan segera dimulai 14 Juni mendatang, seluruh sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), hingga Menengah Atas (SMA) diwajibkan untuk sejalan dengan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19).

Hal itu diwajibkan dan dicetuskan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura dalam Surat Edaran (SE) bernomor 800/DISDIK-SEKRE/2020/1111.

“Setiap sekolah dan Kepala Satuan Pendidikan yang akan memulai TAB diwajibkan untuk menyediakan fasilitas berstandar pencegahan Covid-19,” kata Edi saat dikonfirmasi lewat telepon selularnya, Senin (1/6) pagi.

Adapun standarisasi yang diwajibkan meliputi penyediaan westaffel di depan masing-masing ruang kelas, wajib menyediakan hand sanitizer, wajib mensterilisasi seluruh ruangan dan perkantoran dengan menyemprotkan cairan disinfektan, menjadikan sekolah sebagai areal wajib masker dan tak lupa selalu menyediakan sabun pembersih.

Dalam penyediaannya, tegas Edi, masing-masing sekolah dapat memanfaatkan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hal itupun telah dianulir dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 19 tahun 2020 yang juga telah diterbitkan acuan pelaksanaannya.

“Benar, bisa memanfaatkan dana BOS sesuai Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020,” kata dia.

Sebelum dimulainya TAB, Edi mengharapkan seluruh Kepala Satuan Pendidikan untuk tetap berkoordinasi dengan Wali Murid dalam wacana pelaksanaan tahun ajaran baru. Sosialisasi pencegahan Covid-19 juga diwajibkan untuk dimuat dalam modul pembelajaran siswa, agar kesadaran diri dalam mencegah jangkitan wabah itu dapat tertanam sejak dini.

“Kita wajib membentuk pola pendidikan yang terarah sesuai dengan keadaan saat ini. Dasar atau bassic pendidikan wajib dimulai dengan pengetahuan dasar pencegahan Covid-19, sebagai rangka menghasilkan peserta didik yang kompeten dan berkeperibadian yang tangguh dalam menghadapi wabah mematikan ini,” pungkasnya.