PINANGKAMPAI.COM, RIAU РSetelah sempat tak tentu arah, jadwal pelantikan  Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis terpilih, Kasmarni РBagus Santoso serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai terpilih, Paisal РAmris akhirnya ditetapkan.

Ya, kedua pasangan politik yang memenangkan ajang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di wilayah masing-masing ini dijadwalkan akan dilantik, Jumat (26/2).

Jadwal ini dengan mantap diumumkan, setelah surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jadwal pelantikan kepala daerah diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Bupati Bengkalis dan Walikota Dumai terpilih, sesuai rencana akan dilantik hari Jumat, tanggal 26 Februari,” kata Kepala Biro (Karo) Pemerintahan dan Organisasi, Sudarman, Selasa (23/2).

Sementara, untuk teknis pelantikanya hingga saat ini masih belum bisa dipastikan. Sistem pelantikan berbasis virtual (online) atau secara langsung oleh Gubernur Riau di Gedung Daerah masih dalam tahap pembahasan.

Alasannya, wilayah berjuluk Bumi Lancang Kuning ini masih termasuk dalam wilayah terpapar Pandemi COVID-19.

“Untuk sistem pelantikannya, masih akan dibahas. Masih ada pengarahan dari tim teknis kementerian dalam negeri (Kemendagri), kita tunggu saja lah seperti apa arahanya, apakah dilantik secara langsung atau lewat virtual,” katanya.

Menunggu jadwal dan sistem pelantikan rampung, kedua wilayah itu masih dipimpin sementara oleh Pejabat (Pj) Bupati Syahrial Abdi untuk Bengkalis dan Pj Walikota H. Jonli untuk kota Dumai.

Di kemudian hari, bila pelantikan usai digelar, pucuk kepemimpinan di kedua wilayah ini secara otomatis berganti.