PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Gubernur Riau, Syamsuar secara resmi telah melantik Kasmarni, S.Sos., MMP – H. Bagus Santoso sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis periode 2021-2024, Jumat (26/2).

Pelantikan terhadap keduanya dilaksanakan di Balai Pelangi, Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu, keduanya diminta untuk mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi.

“Dahulukan masyarakat, lindungi, ayomi dan sejahterakan mereka. Jadikan kesejahteraan masyarakat dalam prioritas kerja yang lebih tinggi diatas kepentingan pribadi,” kata Syamsuar.

Keduanya pun diambil sumpahnya berdasarkan kepercayaan masing-masing. Dengan tegas, sumpah jabatan dikumandangkan keduanya kala itu.

Pasca dilantik, berbagai ucapan dan kata selamat membanjiri. Ucapan selamat pun datang dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, Nanik Kushartanti, SH., MH melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum), Jaksa Immanuel Tarigan, SH., MH.

“Selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bapak-Ibu Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis periode 2021-2024. Semoga amanah menjalankan tugas,” kata Immanuel.

Terpisah, Farouk Fahrozi, SH., MH, Kasi Datun Kejari Bengkalis turut menyampaikan ucapan selamatnya. Ia berharap keduanya mampu membawa Kabupaten Bengkalis ke arah perubahan penuh kemajuan.

“Semoga amanah, maksimal menjalankan tugas dan tetap mengayomi masyarakat dengan santun dan rendah hati. Selamat dan sukses,” ucap Kasi Datun Kejari Bengkalis ini.

Kemudian, Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP., M.Si juga mengucapkan kata selamatnya usai pelantikan itu. Ia merasa bangga pasca pelantikan Kasmarni-Bagus di Gedung Daerah Provinsi Riau.

“Lega, pilihan masyarakat Kabupaten Bengkalis akhirnya dilantik. Suasana sakral ini tak lepas dari peran masyarakat yang ikut berperan aktif,” kata Riki.

“Selamat dan sukses, dan semoga amanah mengemban tugas untuk Ibu dan Bapak Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis. Kami sebagai masyarakat berdoa agar Ibu-Bapak bisa memimpin dengan lebih baik dalam masa jabatannya. Sekali lagi selamat dan sukses,” hatur Riki.

Selain Kasmarni-Bagus, pelantikan juga dilakukan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, serta Walikota dan Wakil Walikota Dumai.

Ketiga pasang pemenang Pilkada serentak tahun 2020 silam ini dilantik bersamaan dan dilakukan secara langsung. Meski demikian, pelantikan tetap dibatasi dari keramaian di masa pandemi COVID-19.

Seluruh masyarakat yang hendak menyaksikan prosesi pelantikan, tak perlu risau. Sebab pemerintah telah menyediakan kanal resmi live streaming sepanjang proses pelantikan berlangsung.