PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Gubernur Riau, Syamsuar disebut bakal segera menyerahan Balai Latihan Kerja (BLK) Riau di Pekanbaru kepada Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Manakertrans) RI.

Penyerahan itu dilakukan pada awal Maret mendatang. Setelahnya, jajaran Kemenaker RI bakal mengelola objek pelatihan kerja itu dan memaksimalkan fungsinya.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, H Jonli membenarkannya.

“Insya Allah, sesuai agenda yang ditetapkan pihak Kemenaker, penyerahan secara fisik BLK Pekanbaru oleh pak Gubernur kepada Menaker diagendakan awal Maret,” kata Jonli, Kamis (25/2).

Setelah BLK Pekanbaru diserahkan, lanjutnya, maka jajaran Kemenaker akan segera menyusun struktural BLK. Penyusunan itu pun diwajibkan untuk mendapat persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Setelah disetujui, baru ada peresmian BLK Pekanbaru. Diperkirakan bulan April atau paling lama bulan Mei semua sudah rampung,” ujar Pejabat (Pj) Walikota Dumai ini.

Disamping itu, imbubnya, saat ini pihak Kemenaker tengah menunjuk pejabat perencana untuk mengecek BLK Pekanbaru, guna merencanakan program BLK Pekanbaru kedepan.

“Apakah bangunan itu perlu direhab, dan peralatan prakterk yang ada sekarang diganti dengan peralatan sesuai kebutuhan pelatihan,” jelasnya.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi target kita dalam menekan pengangguran terbuka bisa tercapai di bawah pengelolaan Kemenaker RI. Semoga menghasilkan tenaga yang kompeten dan berskil mumpuni,” pungkasnya.