PINANGKAMPAI.COM, KAMPAR – Tragedi tanah longsor akibat cuaca ekstrim terjadi di jalan lintas Desa Merangin, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (7/5).

Peristiwa itu mengakibatkan tumbangnya pepohonan dan sebuah tiang yang menopang jalinan vital kabel listrik. Akibatnya, daya listrik di wilayah itu padam total.

Manager PLN UP3 Pekanbaru, Yuliandra Syahrial Nurdin menjelaskan, kejadian itu menyebabkan terputusnya pasokan listrik yang berdampak pada 15.900 pelanggan daerah di Kabupaten Kampar.

“Ada 15 desa dengan 15.900 pelanggan yang terdampak gelap gulita akibat tanah longsor tersebut,” kata Yuliandra, Senin (10/5).

Secara rinci dia menyebut, daerah yang terdampak kelumpuhan daya listrik meliputi Desa Batulangka, Kabun, Giti, Aliantan, Bonotapung, Kumain, Tandun, Kasikan, Puo Raya, Langgak, Dayo, Bencah Kusuma, Tapung, Ujung Batu Timur dan Kelurahan Ujung Batu.

Pasca kejadian, lanjut Yuliandra, pihaknya langsung mengerahkan puluhan personel dari tim teknik PLN ULP Bangkinang, tim teknik PLN ULP Ujung Batu beserta mitra kerja untuk mempercepat proses pemulihan.

Kala itu, tim melakukan upaya awal dengan meminimalisir daerah yang terdampak padam akibat gangguan penyulang tersebut. Tim melakukan manuver penyulang, untuk trafo distribusi yang dimanuver normal sejumlah 9 unit.

“Kinerja sempat mengalami kesulitan karena akses jalan yang terputus akibat onggokan material tanah longsor,” jelasnya.

Memutar akal, kemudian jajaran PLN bersama dengan Dinas PUPR Kabupaten Kampar langsung memberaihkan ruas jalan. Setelahnya, penggantian tiang yang tumbang tersebut dilakukan.

Beberapa jalinan kabel yang terputus pun langsung diperbaiki dan kembali diangkat-gantungkan ke tiang penopang. Menurutnya, daya listrik secara berangsur bakal normal kembali.

Untuk mengatisipasi longsor susulan yang bisa saja mengulang hal yang sama, PLN pun menyiagakan penuh tim pelayanan teknik untuk selalu berpatroli dan melakukan pemantauan.

“Semua tim kami siagakan sampai dengan kondisi aman dan akses jalan sudah bisa dibuka kembali. Kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari dampak terputusnya pasokan listrik akibat longsor ini,” haturnya.

“Kami juga meminta kepada seluruh pelanggan PLN agar segera melaporkan segala bentuk gangguan atau keluhan kelistrikan melalui call center PLN di (kode area) 123 atau dengan Aplikasi PLN Mobile yang dapat di-download di Smartphone melalui AppStore maupun PlayStore pada perangkat telepon selular,” pungkasnya.