PINANGKAMPAI.COM, DUMAI – Warga Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan geger atas hasil tangkapan pancing yang ditancapkan di pinggiran kanal atau paritan milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Selasa (28/4) pagi.

Bukan mendapat ikan yang diharapkan, Sabaruddin, Yulka, Ujang dan Nasution malah mendapati seekor buaya sepanjang 4 meter memakan umpan dari kail pancing yang disebar di kanal yang terletak di jalan Abdul Rakhban, Pomproy Bukit Jin menuju Bukit Timah.

Awalnya, Baharuddin dan kawan-kawannya menancapkan joran berumpan di pinggiran kanal. Setelah ditinggal beberapa saat, para pemancing itu melihat lengkungan joran pancing teramat berat.

Tonton videonya di sini:

Keempat warga itupun langsung berlarian guna memegang erat pancingan tersebut. Merasa tarikan sangat keras, keempat warga itu terus berusaha menarik kail joran itu. Upaya keras pun dilakukan, joran bahkan nyaris patah saking beratnya beban tangkapan.

Tak lama, sosok besar nan panjang keluar dari dalam air. Alangkah terkejutnya, keempat warga itu mendapati seekor buaya telah memangsa umpan kailnya. Atas penemuan itu, dua dari empat warga itu langsung berupaya mencari bantuan guna mengevakuasi satwa dilindungi itu.

Empat pemancing dibantu warga lainnya langsung berupaya menangkap buaya itu, bagian kepala khususnya mata sang raja rawa itu tampak ditutup untuk mempermudah proses penangkapan. Tak lama, buaya berbobot sekitar 150 kilogram itu berhasil diamankan.“

Kita sudah amankan, dan sekarang sudah kita evakuasi,” kata Baharudin kepada tim pinangkampai.com, Selasa pagi.

Kini, buaya sepanjang 4 meter itu sudah diamankan di halaman rumah sang pemancing. Pihak kepolisian disebut tengah berupaya menghubungi jajaran Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk segera melakukan penindakan lebih lanjut. *MA/JB