PINANGKAMPAI.COM, BENGKALIS – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagprin) Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan mengatakan bahwa program Pasar Murah tahap III (tiga) bakal segera direalisasikan.

Ia menegaskan bahwa penyalurannya bakal dilaksanalan mulai pekan depan, bantuan berupa 10 Kilogram (Kg) beras, 2 Kg Minyak Goreng dan 2 Kg Gula Pasir itu nantinya dapat ditebus dengan membayar Rp50 ribu per Kepala Keluarga (KK).

“Maaf agak (sedikit) lama, karena kemarin ada pemutakhiran data penerima. InshaAllah, pasar murah tahap tiga akan diluncurkan minggu depan,” kata Indra Gunawan, Kadisdagprin Kabupaten Bengkalis, Rabu (16/9) pagi.

Indra menyebutkan, pada tahap ketiga ini terdapat sebanyak 76.305 KK yang terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah tersebut. Angka itu jauh lebih banyak dibandingkan tahap pertama di angka 44.192 KK dan tahap kedua sebanyak 52.141 KK.

“Ada peningkatan sebanyak 24.164 KK untuk tahap tiga ini, jadi total keseluruhannya mencapai 76.305 KK yang akan menerima program pasar murah tahap tiga pekan depan,” imbuhnya.

Membludaknya angka itu, lanjut Indra, disebabkan adanya penyesuaian data penerima yang direkap ulang dari Desa ataupun Kelurahan, bahkan di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Karena adanya lonjakan atau penambahan penerima sembako bersubsidi tersebut, maka sampai saat ini pihaknya masih melaksanakan pengadaan logistik. Imbasnya, jajaran Disdagprin pun terpaksa memundurkan jadwal penyaluran bantuan pasar murah bagi puluhan ribu masyarakat yang telah terdata sebelumnya.

“Tak lama kok, minggu depan sudah mulai disalurkan. Ini hanya melengkapi kekurangannya saja. InshaAllah segera rampung,” tutur Indra.

Sebagai penegasan, Indra menyebut bahwa paket sembako itu dapat dibawa pulang dengan membayarkan Rp50 ribu kepada para pihak yang menyalurkan nantinya di lapangan.

Adapun tujuan pemungutan Rp50 ribu itu mengingat total harga keseluruhan masing-masing paket bernilai Rp170 ribuan.

“Harga per paket itu sebenarnya Rp170 ribuan, nah setiap KK itu hanya wajib membayar Rp50 ribu saja. Sisanya? Ya, sisanya sekitar Rp120 ribu lagi akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Disdagprin. Inilah namanya subsidi, masyarakat bisa membeli dengan harga murah karena pemerintah telah memberi atau menanggung sebagian biayanya,” tegasnya.

Nantinya, bila 76.305 paket sembako murah itu selesai disalurkan, maka total pungutan Rp50 ribu per KK akan diakumulasi dan dikembalikan ke kas daerah.

“Jadi Rp50 ribu yang dibayarkan Bapak dan Ibu sekalian itu akan dikembalikan ke kas daerah. Tidak lari kemana-mana, seluruhnya murni dimasukkan ke kas daerah. Dengan ini, semoga informasinya jelas dan yang menerima bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya,” pungkasnya.