PINANGKAMPAI.COM, DURI – Puluhan Ghorim atau pengurus Mesjid di wilayah Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau mendapat bantuan berupa sembako gratis beberapa waktu lalu.

Bantuan sembako tersebut disalurkan langsung oleh Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP., M.Si di Kantor Kelurahan Air Jamban. Zama Rico Dakanahay, S.Sos, Lurah Air Jamban juga ikut dalam penyaluran bantuan tersebut.

“Benar, ada 90 Ghorim dari 45 Mesjid menerima bantuan berupa sembako. Masing-masing Mesjid ada dua orang yang dapat. Bantuan itu gratis, tidak ada pungutan apapun,” kata Riki, Sabtu (1/8).

Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan sebagai wujud hadirnya Pemerintah di Kecamatan Mandau yang peduli terhadap kesejahteraan para pengurus Mesjid di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita paham bagaimana sulitnya siklus perekonomian di masa pandemi ini, cukup banyak yang mengeluh. Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat semaksimal mungkin membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengurus mesjid. Jangan pandang nilainya, lihatlah keikhlasannya,” ungkapnya.

Menyambung ungkapan Riki, Lurah Air Jamban Zama Rico pun menegaskan bahwa bantuan yang disalurkan merupakan hasil koordinasi bersama pihak terkait dalam membantu kebutuhan sehari-hari para pengurus mesjid yang selalu setia dalam memperhatikan setiap elemen dalam rumah ibadah tersebut.

“Mereka yang menjaga, membersihkan, bahkan mempersiapkan sebelum digunakan untuk shalat. Kita bangga atas kinerja mereka, oleh karena itu kita taja penyaluran bantuan ini. Tidak dipungut biaya, seluruhnya gratis,” sambung Zama Rico, saat dikonfirmasi tim pinangkampai.com, Sabtu pagi.

Ia pun menegaskan bahwa jumlah keseluruhan paket sembako gratis itu sebanyak 75 paket yang telah disalurkan kepada para Ghorim yang berhak menerimanya.

“Semua sudah disalurkan, ada 90 orang dari 45 Mesjid yang ada,” imbuhnya.

Ia pun berharap agar bantuan tersebut dapat mendongkrak kebutuhan harian para Ghorim di masa pandemi Covid-19.

“Sama seperti yang diungkapkan Pak Camat, semoga bantuan itu bermanfaat bagi para penerimanya,” pungkasnya.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mandau, Kasi Kesosbud juga hadir dan ikut menyerahkan bantuan tersebut. Pada jesempatan yang sama, puluhan Mahasiswa/i dari berbagai Fakultas di Universitas Riau (UNRI) turut membantu penyaluran bantuan hingga berakhir dengan khidmat.