PINANGKAMPAI.COM, DURI – Tampak masih minim kesadaran untuk menerapkan Physical Distancing dan Social Distancing, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Mandau kembali terjun di tengah keramaian masyarakat, Jumat (17/4) malam.

Dalam aksi itu, puluhan personel dari unsur Kepolisian, TNI dan jajaran Kecamatan Mandau terjun ke jalanan guna mengingatkan setiap warga yang masih berada di tengah kerumunan untuk lebih mawas diri terhadap jangkitan Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19).

Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi, S.IK bersama seluruh personel lainnya tampak bergegas menyusuri ruas jalan Sudirman, Duri. Mulai dari areal Pasar Tradisional Dewi Sartika hingga persimpangan Garoga tampak di sasar.

Pantauan di lokasi, belasan bahkan puluhan kios aneka makanan dan minuman turut disambangi petugas. Imbauan untuk tidak menyediakan kursi pengunjung secara berlebihan pun disuarakan, tidak sedikit para tamu di beberapa kios tampak panik dan menghentikan makan malamnya.

“Kita terjun malam ini untuk benar-benar menerapkan Physical Distancing dan Social Distancing. Tujuannya agar masing-masing pengunjung tidak duduk berdekaran, sebagai langkah paling cepat untuk menghindarkan kemungkinan penularan virus,” sebut Kapolsek Mandau kepada tim pinangkampai.com.

Kompol Arvin menyebut, beberapa imbauan terkait bahaya penyebaran Coronavirus telah disuarakan beberapa pekan sebelumnya secara stimultan dan berkelanjutan. Akan tetapi, masih banyak warga Duri yang melawan arus. Salah satu tindakan yang tidak mengindahkan imbauan sebagaimana dimaksudkan, ialah penampakan kerumunan dan banyaknya warga berkerumun tanpa mengenakan masker.

Tak sampai disitu saja, tindakan tegas juga bakal dilaksanakan bilamana imbauan pemerintah tidak diindahkan oleh para pedagang dan warga yang masih beraktifitas di malam hari. Adapun tindakan yang bakal dilakukan ialah teguran dan pemeriksaan intensif.

“Silahkan jualan. Dagangan tidak dipersoalkan, tapi tolong disediakan jarak antar kursi dan meja para tamunya. Wadah atau fasilitas cuci tangan juga wajib disiapkan, jangan sampai tidak. Kalau besok tidak dilakukan, kami akan datang lagi untuk periksa bapak dan ibu pemilik warung,” tegas Kompol Arvin kepada para pedagang.

Kapolsek Mandau dan tim gabungan turut mengatur jarak antar kusi pengunjung sebagai penerapan physical distancing

Sembari memberi edukasi untuk tidak menimbulkan keramaian dan kepadatan dalam suatu usaha, Kapolsek juga memaparkan bahaya laten Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19) yang sangat mudah menular di tengah keramaian.Tim gabungan yang selalu siap tempur itu seakan tak kehabisan tenaga. Haluan mobil dan truk patroli kembali ditancap, warung, kios dan beberapa pusat keramaian masyarakat lainnya juga disasar.

Sebagai bentuk kepedulian dan rasa sayang terhadap masyarakat, Kapolsek bersama tim gabungan juga membagikan ratusan masker kepada para warga dan pengendara yang belum mengenakan alat pelindung pernapasan itu.

Ratusan masker yang diprakarsai oleh PKK Kecamatan Mandau itu dibagikan kepada warga, dengan berbagai motif warna, warga yang menerima pun tampak sumringah. Kompol Arvin kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melintas untuk tetap mengenakan masker dan tetap waspada.

“Jangan sampai tertular, masker adalah pertahanan awal kita untuk mencegah oenularan Covid-19. Jadi jangan sampai dilupakan, pakai masker saat hendak keluar rumah ataupun saat terdesak harus berada di keramaian,” ungkapnya meyakinkan.

Edukasi, penertiban dan rasa kepedulian tampak terpancar dari sosok tegas para personel yang terjun malam itu. Semangat terus berkobar, seluruh personel tampak humanis dan tegas dalam memberi imbauan sembari mengurangi jumlah kursi yang sebelumnya berdekatan.

Pantauan di lokasi, Wakapolsek Mandau, AKP Ali Suhud, Kasat Reskrim Polsek Mandau, jajaran Reskrim, personel dari Koramil 04/Mandau, jajaran Kecamatan hingga personel Satpol PP tampak semangat menyusuri setiap aktifitas warga malam itu.

Wakapolsek Mandau, AKP. Ali Suhud mengatur jarak antar kursi di Rocket Chiken Desa Harapan

Kapolsek Mandau berharap, penindakan yang dilaksanakan malam itu dapat menjadi aksi nyata yang efektif dalam memberantas penularan Coronavirus di tengah kehidupan bermasyarakat. Di akhir giat itu, Kompol Arvin kembali mengajak masyarakat untuk tetap kooperatif dalam menjaga kesehatan, kebersihan dan daya tahan tubuh.

“Pastikan tubuh tetap sehat, pastikan lingkungan tetap bersih dan pastikan mengikuti imbauan pemerintah. Semoga seluruh masyarakat Duri terbebas dari belenggu Covid-19,” pungkasnya.