PINANGKAMPAI.COM, RIAU – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI disebutkan mengirim armada bantuan berupa satu unit Pesawat jenis Casa 212-200, Selasa (9/6).

Pesawat itu dikirimkan untuk selanjutnya bertugas dalam giat Teknologi Modifikasi Cuasa (TMC), guna meningkatkan intensitas atau curah hujan sebagai langkah penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning.

Pesawat jenis Casa 212-200 ini disebut akan mulai memodifikasi cuaca hari ini, Rabu (10/3). Kabar ini turut dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur.

Ia menyebutkan, pesawat tersebut tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (RN) Pekanbaru, Riau, sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa lalu. “Dan sesuai rencana awal, hari ini (Rabu, red) akan lansung dioperasikan untum melakukan modifikasi cuaca di Riau,” kata Jim.

Sebelum memodifikasi cuaca, kata Jim, pihaknya akan melakukan evaluasi dan melihat perkembangan cuaca di Riau. Terutama terkait kondisi awan yang dinilai bisa dilakukan penyemaian garam.

“Jadi hari ini tim TMC akan melakukan rapat dulu bersama BMKG untuk melakukan evaluasi cuaca. Jika ada awan dan memungkinkan, akan lansung dilakukan penyemaian garam,” pungkasnya.