PINANGKAMOAI.COM, DURI – Pimpinan Gereja HKBP Dame, Ressort Dame Duri, Pendeta (Pdt) Donni Pasla Tambunan, S.Th bersama jajaran di dalamnya, melalui Seksi Kesehatan Dewan Diakonia menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi seluruh jemaat dan pengurus gereja, Jumat (31/7) pagi.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan, untuk memastikan seluruh jemaat dan pengurus gereja tetap prima di masa pandemi Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19) yang masih merebak hingga saat ini.

Adapun fokus utama pemeriksaan ialah deteksi dini paparan Covid-19, dengan memeriksa kesehatan masing-masing jemaat dan pengurus gereja secara detail.

“Apakah ada keluhan batuk, sesak napas dan demam? Hal tersebut merupakan gejala awal yang biasanya menjadi indikasi paparan Covid-19. Bila ada jemaat atau pengurus gereja yang menunjukkan gejala tersebut, bakal segera kita anjurkan untuk memeriksakan kesehatan ke klinik terdekat atau Rumah Sakit,” kata Pendeta Donni kepada tim pinangkampai.com, Jumat pagi.

Selain fokus memberantas paparan Covid-19, pihaknya juga memeriksakan gejala atau riwayat penyakit lainnya seperti Kolesterol, Asam Urat, Gula Darah dan berbagai riwayat penyakit lainnya untuk dapat segera dilakukan tindak pengobatan.

“Jadi kita hanya bersifat memeriksa kesehatan saja, bila ditemukan, semisal kolesterolnya tinggi, maka tim kesehatan kita akan memberi sejumlah tips untuk mencegah. Contoh, tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menaikkan kadar kolesterol dan sebagainya,” ungkap dia.

Selain memeriksakan kesehatan, pihaknya juga secara aktif terus menyuarakan agar setiap jemaat dan pengurus gereja selalu menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik mungkin.

Mulai dari wajib masker, menjaga jarak, tidak bersentuhan atau berjabat tangan (Physical Distancing), selalu mencuci tangan, serta selalu membawa hand sanitizer juga selalu disuarakan kepada seluruh jemaat HKBP Dame untuk dapat dilaksanakan dalam persepsi peribadatan dan kehidupan bersosial.

“Wajib masker, itu sangat-sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19. Selain itu, kita juga ajak seluruh jemaat dan pengurus gereja agar selalu menyisakan waktu di pagi dan sore hari untuk berolahraga,” cetusnya.

Tak hanya dari segi pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga mengaku rutin dalam mensterilisasi setiap sudut rumah ibadah sebelum digunakan dalam berbagai moken, maupun prosesi peribadatan setiap hari Minggu.

“Ayo jaga pola hidup sehat dengan disiplin menjalankan protokol pencegahan Covid-19, konsumsi makanan yang bergizi dan selalu berolahraga secara rutin. Semoga kita selalu dihindarkan dari paparan wabah pandemi ini,” pungkasnya.