PINANGKAMPAI.COM, BENGKALIS – Mengusung motto Satu Rasa, Satu Jiwa, Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Bengkalis kian melebur di tengah keberagaman masyarakat.

Berbagai aksi dilakukan, terutama aksi sosial nan membantu tanpa memandang suku, agama atau ras antar golongan (SARA). Setiap pelaksanaan giat yang dilakukan, tetap terfokus untuk membantu, memberi rasa aman dan nyaman, serta mencari alternatif penyelesaian masalah dalam suatu polemik.

Beberapa saat lalu, DPC PBB Kabupaten Bengkalis sukses bersonergi bersama TNI-Polri, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPBD dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) lainnya dalam mengamankan pelaksanaan ibadah Kamis Putih, Jumat Agung hingga perayaan Paskah umat Kristiani.

Tak mau kehabisan akal untuk menebar kebaikan, pihaknya pun berencana untuk kembali beraksi bersama jajaran tersebut dalam mendukung dan ikut serta dalam mengamankan pelaksanaan malam Takbir dan Sholat Idul Fitri (Ied) 1442 H mendatang.

“Kita mendukung dan akan ikut serta dalam pengamanan malam Takbir dan Sholat Ied sahabat sekalian, umat Muslim yang ada di Negeri Junjungan,” kata Fransisko Sihombing, Ketua DPC PBB Kabupaten Bengkalis, Sabtu (1/5).

Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT bersama Ketua DPC PBB Bengkalis Fransisko Sihombing | Foto: JB

Ia menegaskan, pihaknya telah dan akan terus berkoordinasi bersama pimpinan TNI-Polri dan pejabat pemerintahan setempat dari tingkat Kabupaten Bengkalis, Kecamatan, hingga Kelurahan/Desa.

Hal itu dilaksanakan, guna mencapai tujuan yang harmonis dalam pelaksanaan tugas dan mampu menciptakan kondusifitas selama pelaksanaan ibadah umat Muslim di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Kita pastikan pelaksanaan sholat Idul Fitri bisa terlaksana dengan khusyuk tanpa gangguan. Kami ikut serta dalam melaksanakan pengamanan, tentunya seirama dengan prosedur yang diterapkan Bapak/Ibu dari TNI-Polri dan instansi lainnya,” tegasnya.

Terpisah, Kapolres Bengkalis AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT mengapresiasi terobosan DPC PBB Kabupaten Bengkalis. Ia menyebut langkah tersebut sangatlah bijak dan layak diterapkan nantinya.

“Alhamdulillah bila ada keterbukaan dari kawan-kawan di PBB, jelas kita dari TNI-Polri sangat senang dan merasa terbantu,” kata Kapolres Bengkalis.

Guna mensukseskan hal itu, ia mengajak pimpinan dan seluruh personel PBB yang ada untuk bersinergi dan berbaur bersama petugas yang tersebar di penjuru Negeri Junjungan.

“Silahkan, langsung berbaur saja dengan personel kita. Mari kita ciptakan situasi yang kondusif dan sejuk sepanjang pelaksanaan sholat Idul Fitri mendatang. Terima kasih atas responsibilitasnya,” pungkasnya.