PINANGKAMPAI.COM, BATHIN SOLAPAN – Personel kepolisian dari sektor (Polsek) Mandau yang bertugas di Pos Sekat Kecamatan Bathin Solapan telah menghalau berbagai kendaraan pembawa penumpang yang datang dari arah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu (1/5).

Penghalauan berujung pemutar-balikan arah dilakukan terhadap setiap pelintas yang datang dan hendak masuk ke wilayah Kabupaten Bengkalis melalui Gerbang Permata, nama lain kecamatan itu.

Kapolsek Mandau, AKP. Julifer Lumban Toruan, S.Ap membenarkannya. “Benar, sudah ada beberapa kendaraan yang diminta berbalik atau berputar arah,” katanya, Minggu (2/5).

Pemutar balikan kendaraan yang mengangkut para pendatang itu, kata dia, dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Coronavirus (COVID-19). Sepanjang perjalanan, penularan virus bisa saja terjadi dan dinilai sangat merugikan apabila ikut tertular kepada masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Sebagai mitigasi alias pencegahan, penyekatan jalan pun dilakukan dengan mendirikan pos dan mengerahkan personel di jalan lintas Sumatera (Duri – Medan), Kecamatan Bathin Solapan.

“Semoga dengan aksi ini, angka penularan COVID-19 bisa kita tanggulangi secepat mungkin,” harapnya.

Sampai pada siang ini, puluhan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang melaju dari arah Rohil berhasil dihalau petugas.

Sebelum diputar-balikan haluannya, petugas terlebih dahulu memeriksa kelengkapan berkas berkendara dan menanyakan tujuan para pelintas. Bila dirasa perlu, permintaan untuk berbalik arah bakal segera disampaikan demi kebaikan bersama.

“Sebaik mungkin kita sampaikan pesan penting ini. Wabah pandemi COVID-19 harus kita tanggulangi bersama, salah satu caranya, dengan menahan diri untuk tidak mudik tahun ini,” ujarnya.

“Kita semua juga punya keluarga yang jauh, tapi kita juga sadar kondisi saat ini sangat tidak tepat. COVID-19 bukan oleh-oleh yang bisa saja terbawa saat kita mudik. Lebih baik kita menahan diri sementara waktu, demi kebaikan bersama,” pungkasnya.