PINANGKAMPAI.COM, BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY, tampak mengikuti rapat koordinasi (Rakor) terbatas pengadaan Vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19 secara virtual melalui video conference, Senin (30/11). 

Rakor terbatas pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi itu dibuka langsung oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan, Hari Budi Hartono.

Dalam kesempatan itu, Hari menyampaikan bahwa saat ini setiap Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) diwajibkan mendukung langkah atau kegiatan pemerintah pusat terkait vaksinasi ini. 

“Karena pandemi COVID-19 merupakan masalah kita bersama, untuk itu kami berharap melalui pelaksanaan rakor ini kita dapat berdiskusi bersama dalam menyamakan persepsi, sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutur Hari.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan, rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini sudah diatur dalam surat keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor Hk.01.07/Menkes/6573/2020 tentang tim pelaksanaan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Dimana tim pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI ini akan berkoordinasi bersama Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia untuk dapat membentuk tim pelaksana pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga, masing-masing daerah tersebut dapat secara langsung memantau, mendata dan mengkonfirmasikan satu data vaksinasi COVID-19 kepada jajaran pusat,” ujar Terawan. 

Menyikapi apa yang disampaikan Kepala Sekretariat Kepresidenan dan Menteri Kesehatan RI, Sekda Bengkalis ini pun mendukung penuh pelaksanaan program vaksinasi ini.

“Karena ini adalah suatu upaya kami untuk membantu memperkuat kapasitas kesehatan masyarakat, kami siap mendukung,” ucap Bustami.

Dalam giat itu, turut hadir Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr. Ersan Saputra TH dan Kelapa Pelaksana (Kalaksa) BPBD Ir. Tajul Muddaris, MT.