PINANGKAMPAI.COM, MANDAU – Guna meningkatkan keterampilan dan kreatifitas Kader PKK di Kelurahan dan Desa, PKK Kecamatan Mandau mengadakan pelatihan pembuatan berbagai produk keterampilan dengan bahan dasar kain perca, Kamis (17/12).

Pelatihan itu dilaksanakan di Gedung Bathin Betuah, jalan Jend. Sudirman, komplek Kantor Kecamatan Mandau. Pelatihan ini diadakan untuk pengembangan dan pemanfaatan kain perca yang dianggap sebagai limbah tekstil dan kemudian disulap menjadi suatu kerajinan.

Tak tanggung, produk yang dihasilkan pun bernilai ekonomis tinggi dan sangat bersaing di pasaran. Langkah ini ditenggarai untuk membantu masyarakat, terkhusus kaum ibu untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Ketua TP PKK Kecamatan, Mandau Dewi Asdinar menjadi promotor pelaksanaan pelatihan itu. Ia mengaku takjub dengan antusias dan kreatifitas yang ditorehkan dalam menghasilkan produk-produk olahan kain perca ini.

“Saya harap setelah mendapatkan ilmu dari pelatihan ini, ibu-ibu sekalian bisa mengembangkan bakat dan menyalurkan ilmu kepada anggota dan kader PKK di Kelurahan dan Desa masing-masing,” ucap Dewi.

Istri tercinta dari Camat Mandau, Riki Rihardi ini berharap setiap Ketua PKK Kelurahan dan desa beserta ketua kelompok kerja (Pokja) II maupun anggota pada tahun 2021 nantinya bisa lebih kreatif dan berinovasi dalam  meningkatkan UP2K.

Peningkatan sebagaimana dimaksud menyentuh sektor olahan berbagai jenis penganan, makanan dan jajanan khas, serta keterampilan yang berkualitas di Kelurahan dan Desa masing-masing.

“Sebagai motivasi untuk kita, perlombaan UP2K di Bengkalis juga diikuti oleh kecamatan lain. Mereka juga mengeluarkan produk-produk unggulan, baik itu makanan maupun kerajinan yang sangat menarik. Jadi ibu-ibu kader PKK sekalian harus lebih berkreasi dan berinovasi untuk mengeluarkan produk baru,” ajaknya.

“Di masa pandemi ini, kita tak boleh patah semangat. Harus bisa berkreatifitas dari rumah, contohnya saja kain perca yang kita anggap tidak berguna ini tapi bisa kita manfaatkan sangat cantik masyaallah seperti bunga yang kita lihat saat ini,” serunya membakar semangat.

Di akhir sambutannya, Dewi Asdinar meminta seluruh ketua PKK Kelurahan dan Desa agar segera mengirimkan peserta sesuai undangan dari PKK Kecamatan untuk mengikuti pelatihan yang sejalan dengan jabatan dan tupoksinya.

Kemudian, pokja II juga diminta untuk segera mempersiapkan kreasi masing-masing untuk mengikuti perlombaan membuat bunga dalam rangka memperingati hari Ibu.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 3 orang perwakilan dari Pokja II PKK Kelurahan dan Desa yang mempunyai bakat kreatif, inovatif dan tekun. Ilvianti Ilyas turut hadir sebagai narasumber dalam Pelatihan Pembuatan Bunga dari Kain Perca ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua PKK Desa Bathin Betuah Rahyuti, anggota Pokja II Kecamatan Mandau dan seluruh peserta pelatihan dari Pokja II Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Mandau.