PINANGKAMPAI.COM, DURI – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Mandau tampak melaksanakan sterilisasi di wilayah Kelurahan Gajah Sakti, Kamis (6/8) pagi tadi.

Sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan di rumah salah seorang warga Gajah Sakti yang terpapar wabah pandemi Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19). Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP, M.Si tampak terjun langsung di lokasi penyemprotan.

Saat dikonfirmasi, Riki mengatakan pihaknya menggelar giat tersebut guna memutus potensi penularan wabah pandemi Covid-19 di sekitar tempat tinggal pasien ke-505 terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau yang berasal dari wilayah tugasnya.

“Setelah dapat informasi dari Satuan Tugas Penanganan (STP) Covid-19 Riau bahwa salah satu warga kita berinisial FA (27) yang terkonfirmasi Covid-19, kita langsung berkoordinasi untuk melakukan sterilisasi lokal. Dan hari ini, radius puluhan meter dari rumah pasien kita sterilkan dengan larutan disinfektan,” kata Riki secara ekslusif kepada tim pinangkampai.com.

Ia mengatakan, tindakan tersebut ditujukan untuk memastikan potensi penularan wabah pandemi itu tak lagi terjadi. Pihaknya pun langsung menyebar dengan alat semprot yang digendong di bagian belakang.

Fokus utama penyemprotan ialah rumah pasien yang saat itu tampak dihuni oleh orangtua dan saudara FA, setelahnya seluruh personel menyebar ke beberapa rumah tetangga pasien dalam radius puluhan meter. Setiap sudut pemukiman dan fasilitas yang ada tak luput dari guyuran disinfektan.

Sekitar pukul 09.30 WIB, penyemprotan selesai dilaksanakan. Selanjutnya Riki menganjurkan kontak erat pasien untuk tetap melanjutkan karantina mandiri di kediamannya, sampai hasil pemeriksaan swab test diterbitkan nantinya.

“Keluarga tetap kita anjurkan untuk isolasi mandiri dalam beberapa waktu kedepan, sampai hasil swab diterbitkan. Semoga dengan sterilisasi ini, wabah pandemi Covid-19 di wilayah kecamatan Mandau dapat diputus secara tuntas,” ungkapnya.

“Dalam kesempatan ini pula saya selaku Camat Mandau kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuj tetap patuh dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama pakailah masker saat akan berkegiatan di luar rumah. Jangan terlalu anggap remeh, harus tetap waspada dan jaga kesehatan tubuh tetap prima,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah Gajah Sakti, Baharuddin turut hadir. Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rusydy, Babinsa Kelurahan Gajah Sakti, Sertu Agung Saputro, Ketua RT dan RW, sejumlah petugas Satpol PP dan BPBD, serta perwakilan dari UPT Puskesmas Duri Kota.