PINANGKAMPAI.COM, DURI – Ratusan warga dalam unsur Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada rangkaian Pemilu Kepala Daerah wilayah Kabupaten Bengkalis, se-Kecamatan Mandau menjalani pemeriksaan Rapid Test, Kamis (9/7) pagi.

Pemeriksaan tersebut dilaksanakan langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis melalui Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan (PPK) Mandau, giat itu dilaksanakan di halaman depan Kantor Camat Mandau, jalan Jenderal Sudirman, Duri.

Di lokasi, tampak puluhan orang berbaris dan secara bergantian menghadap tim medis untuk diambil sampel darahnya. Paramedis dari UPT Puskesmas Duri Kota dan Pematang Pudu lah yang menangani rangkaian pemeriksaan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala UPT Puskesmas Duri Kota, dr. Anggie Siswelli mengatakan bahwa pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan seluruh panitia tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari risiko paparan wabah Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19).

“Ini hajatan KPU melalui PPK Mandau, seluruh PPDP diperiksa kesehatannya dalam tahap rapid test. Tujuannya agar kesehatan para panitia dapat diketahui, sebelum bertugas nantinya dalam serangkaian Pemilukada di Kabupaten Bengkalis,” kata dr. Anggie kepada tim pinangkampai.com, Kamis pagi.

“Seluruhnya (PPDP Mandau) ada sekitar 343 orang. Dan pelaksanaannya kita laksanakan dalam dua tahap. Pertama, panitia diperiksa mulai hari ini (Kamis, red) dan dilanjutkan besok (Jumat, red),” imbuhnya.

Sang kepala UPT Puskesmas yang murah senyum itupun menyebut, pelaksanaan rapid test berjadwal itu dilakukan untuk menghindarkan adanya kerumunan sepanjang pemeriksaan berlangsung.

“Kita kan masih fokus untuk mencegah Covid-19, jadi sebisa mungkin kita hindarkan keramaian. Makanya jadwalnya kita atur mulai hari ini sampai besok,” ungkapnya.

Anggie pun mengapresiasi kinerja KPU dan PPK Mandau yang berinisiatif dalam melaksanakan rapid test massal secara gratis, terhadap ratusan panitia itu. Kedepan, ia dan jajarannya yang melakukan pemeriksaan berharap agar hasil rapid seluruh peserta dapat memuaskan.

“Kita mengapresiasi kinerja KPU dan PPK yang peduli dengan status kesehatan para panitia sebelum bertugas, semoga hasil pemeriksaan hari ini dan besok tetap sesuai dengan harapan. Jangan sampai ada yang reaktif, itu harapan kita,” harapnya.

Pantauan, pelaksanaan pemeriksaan itu telah dimulai pada pukul 07.30 WIB. Hingga sekitar pukul 10.10 WIB, pelaksanaan pemeriksaan itu masih terus dilangsungkan. Beberapa petugas dari masing-masing Puskesmas terus memeriksakan sampel darah PPDP yang hadir saat itu.