PINANGKAMPAI.COM, DURI – Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP., M.Si berniat untuk secepat mungkin mengakhiri penularan atau jangkitan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah tugasnya. Niat tersebut dinyatakan dengan berbagai aksi penyuluhan bersama jajaran Satuan Tugas (Satgas) yang ada.

Seperti terpantau pada Kamis (10/9) lalu, Riki dan jajaran lainnya bersama Satgas COVID-19 tampak bergerilya di empat lokasi berbeda dalam menyuluhkan pentingnya penggunaan masker di tengah masyarakat.

“Keadaan saat ini tak bisa kita anggap main-main, harus disikapi dengan baik dan tetap menjalankan protokol kesehatan sebaik mungkin,” kata Riki Rihardi, Jumat (11/9) pagi.

Protokol kesehatan sebagaimana dimaksudnya yakni wajib mengenakan masker, menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dan tidak berada di kerumunan orang atau menghindar dari keramaian.

Camat Mandau Riki Rihardi (batik merah) saat menyerahkan masker kepada Satgas COVID-19 yang kemudian dibagikan kepada ribuan warga di Duri | Foto: JB•764

Selain itu, lanjut Riki, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh juga dianggap penting dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Wajib pakai masker dan menjalankan poin-poin yang diimbau dalam protokol kesehatan, selain itu silahkan konsumsi makanan, buah dan sayur, serta multivitamin agar tubuh tetap prima dalam berbagai kesempatan dan aktifitas,” paparnya.

Langkah tersebut dianggapnga sangat baik bila diterapkan, karena secara langsung berdampak dalam pencegahan jangkitan ataupun penularan wabah mendunia itu.

“Tak perlu panik dan jangan jadi momok menakutkan. Mari kita tingkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol yang tepat, agar kita bisa terhindar dari wabah penyakit ini. Kalau kita tak disiplin, bisa saja ledakan kasus kembali terjadi. Makanya, ayo sama-sama kita ambil tindakan. Disiplinkan diri dan jalankan protokol kesehatan sebaik mungkin,” pungkasnya.