PINANGKAMPAI.COM, DURI – Menyambut masuknya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah sembari tetap mencegah semakin meluasnya pandemi COVID-19, Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) Ranting Air Jamban (AJ), Kecamatan Mandau, Duri kembali melangsungkan aksi sosialnya, Sabtu (10/4).

Tajaan giat berbagi masker dipilih dan dilangsungkan di depan Kantor Camat Mandau, jalan Jenderal Sudirman, Duri. Sekira seribu lembar masker tampak dibagikan kala itu.

Melibatkan unsur TNI/Polri, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas-PA) Kabupaten Bengkalis, Karang Taruna Kecamatan Mandau, jajaran pimpinan Kecamatan Mandau dan Kelurahan Air Jamban, aksi sosial kali ini berjalan lancar dan penuh nuansa kebersamaan.

Kapolsek Mandau, Kompol. Arvin Hariyadi, SIK diwakili Kanit Binmas AKP. Masri tampak hadir bersama seluruh personel PBB Ranting Air Jamban di lokasi tersebut.

Giat tersebut dimulai dengan koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kanit Binmas Polsek Mandau. Sekira pukul 08.30 WIB, seluruh personel dibagi dalam dua kelompok dalam pembagian masker di dua lajur jalan Sudirman.

“Sempena menyambut masuknya bulan suci Ramadhan bagi rekan dan sahabat kita yang menjalankannya, sekaligus mencegah semakin meluasnya wabah COVID-19, maka kita lakukan pembagian masker di wilayah Ranting AJ,” kata Manatar Situmorang, Ketua PBB Ranting Air Jamban, Mandau.

Berlandaskan protokol kesehatan, giat itu dilaksanakan berbarengan dengan seluruh personel yang terlibat. Tim yang dibagi dalam dua kelompok ini kemudian membagikan sekitar seribu lembar masker kepada seluruh pelintas dan masyarakat sekitar.

“Dipakai maskernya ya pak, jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan,” kata Kanit Binmas Polsek Mandau, AKP. Masri.

Dalam giat itu, Camat Mandau Riki Rihardi, S STP., M.Si, Lurah Air Jamban Zama Rico Dakanahay, S.Sos., M.Si, Ketua Karang Taruna Kecamatan Mandau Robby, Ketua Komnas-PA Kabupaten Bengkalis Muhammad Isnaini dan pengurus Komnas-PA Mandau Refri Amran Hasibuan turut berkolaborasi dan mendukung penuh agenda positif PBB Ranting Air Jamban.

“Lagi-lagi kami salut dengan aksi yang dilaksanakan PBB Ranting Air Jamban, ini jelas sangat bermanfaat bagi nasyarakat. Meski hanya sebatas masker, tapi manfaatnya sangat besar bagi kesehatan masyarakat,” ucap Riki Rihardi, Camat Mandau.

“Kalau PBB Ranting AJ tak perlu diragukan lagi, salut!,” imbuh Lurah Air Jamban, Zama Rico Dakanahay.

“Semoga aksi ini tak henti disini saja, semoga bisa kembali beraksi di lain waktu dan libatkan personel Karang Taruna Kecamatan dan Kelurahannya,” tutur Robby, Ketua Karang Taruna Kecamatan Mandau.

Terpisah, Penasehat PBB Ranting Air Jamban, Saut Nadapdap juga ikut serta kala itu. Ia menyebut, pihaknya tetap aktif dalam berbagai aksi sosial dan tak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Termasuk hari ini, atas koordinasi dan kontribusi dari rekan-rekan PBB Ranting Air Jamban, serta dukungan dari Pemerintah makanya kita bisa wujudkan kegiatan positit ini,” ucap Saut.

“Kedepan, kita bakal terus melanjutkan kebaikan ini di tengah masyarakat. Terkhusus saat ini, bagi rekan-rekan yang akan menjalankan ibadah puasa, kami ucapkan selamat menjalankan ibadah dengan penuh khidmat. Semoga selalu dilancarkan hingga hari kemenangan di Idul Fitri 1442 H mendatang. Selama menjalanlam ibadah puasa, kita dari PBB Ranting AJ siap bersinergi dengan aparat dan pemerintah dalam memelihara keamanan dan ketertiban,” pungkasnya.