PINANGKAMPAI.COM, DURI – Sempena menindaklanjuti program kerja 100 hati Kepala Kepolisian (Kapolri), jajaran Polres Mandau melalui Polsek Mandau tampak beraksi di Desa Bathin Sobanga, Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis – Riau.

Adapun tujuannya, yakni untuk menyebarluaskan Maklumat Kapolda Riau atas instruksi Kapolri terkait pencegahan pembakaran hutan dan lahan alias Karhutla.

Disana, personel korps Bhayangkara ini bersinergi dengan pemerintah Desa, masyarakat peduli api (MPA) dan tokoh-tokoh masyarakat dalam menyebar imbauan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan.

“Menindak lanjuti program kerja pimpinan, kita bersama masyarakat bersinergi untuk menyebarluaskan imbauan terkait pencegahan Karhutla di wilayah hukum Polsek Mandau, Resor Bengkalis,” kata Kompol Arvin Hariyadi, SIK, Kapolsek Mandau.

Satu persatu masyarakat di bilangan jalan Simpang Muara Buntat, RT005/RW002 di desa itu disambangi oleh Aipda Barsilah (Bhabinkamtibmas Desa Bathin Sobanga) dan Indra M. Lubis (Ketua MPA Desa Bathin Sobanga).

Jajaran tersebut secara humanis bercengkrama dengan warga sembari menyisipkan pesan agar mereka tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan, serta tidak merambah hutan dengan cara membakarnya.

“Pesan baik itu kita sampaikan secara humanis, kita sampaikan agar bencana asap tidak terjadi di Riau ini. Caranya, dengan tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Kompol Arvin, pihaknya juga mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan wabah pandemi COVID-19.

“Selain menyuluhkan pencegahan Karhutla, kita juga imbau terkaot protokol kesehatan. Tujuannya, selain agar bebas asap, masyarakat kita juga bisa terhindar dari penularan virus corona. Bersama, kita bisa wujudkan wilayah yang bersih, sehat, lestari dan bebas asap,” pungkasnya.