PINANGKAMPAI.COM, DURI – Musim kemarau dengan terik matahari berkepanjangan tampak masih berlangsung di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Keadaan ini membuat hampir seluruh wilayah mengalami kekeringan. Alhasil, potensi kebakaran hutan dan lahan pun meningkat.

Seperti yang terjadi siang tadi, kobaran api tampak menggagahi lebih dari dua hektar lahan yang ditumbuhi semak belukar di jalan Pipa Air Bersih, Desa Balai Makam, Kecamatan Bathin Solapan, Duri.

“Kebakaran lahan di jalan Pipa Air Bersih, Duri. Api melumat hamparan semak, luasnya sekitar 2 hektar,” kata Komandan Regu (Danru) I UPTD Damkar Mandau, Jefrianto, Selasa (23/2) siang.

Selain di Balai Makam, kobaran api juga terpantau di bidang lahan milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), jalan Hangtuah, Kecamatan Mandau, Duri.

Di sana, lebih dari satu hektar lahan ludes digagahi sijago merah.

Armada pemadam pun dikerahkan, setiap bidang lahan yang terbakar tampak dijinakkan dengan semburan air bersih dari belalai truk pemadam.

“Siram terus, jangan sampai merembet lebih luas,” seru koordinator pemadam di lokasi.

Guna membantu pemadaman, jajaran Polsek dan Koramil 04/Mandau pun langsung terjun ke lokasi guna memadamkan api.

Hingga sekira pukul 17.50 WIB, lahan milik PT Chevron masih dikuasai api. Sementara lahan di Balai Makam, telah lebih dulu dipadamkan kobaran apinya.

“Di Balai Makam sudah padam, sekarang sedang tugas pemadaman di jalan Hangtuah,” tukas Danru Jefri.