PINANGKAMPAI.COM, DURI – Beberapa hotel atau fasilitas penginapan di Kecamatan Mandau, Duri masih terkesan lengah akan tindakan pemberantasan Pandemi Coronavirus Disease Nineteen (Covid-19) yang semakin merajalela.

Pasalnya, kebanyakan hotel di Duri masih menerima tamu dari beberapa wilayah terjangkit yang hendak beristirahat wilayah Kecamatan Mandau. Selain melayani, manajemen hotel tampaknya tidak punya itikad baik untuk melaporkan setiap tamu yang berasal dari luar Mandau ke pemangku jabatan setempat seperti RT maupun RW.

Menanggapi hal itu, Camat Mandau, Riki Rihardi menyatakan potensi penyebaran virus dari daerah terjangkit semakin besar.

“Kita ke Pekanbaru saja, pulangnya jadi ODP. Otomatis kalau ada tamu hotel dari Pekanbaru, Padang, Medan, apalagi Jakarta, itu kan harus dilaporkan ke RT/RW setempat,” kata Riki kepada pinangkampai.com, Kamis (16/4) dinihari.

Riki menyebut, setiap orang dari luar Mandau yang berasal dari wilayah Pandemi wajib didata dan diperiksakan kesehatannya di Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Duri Kota.

Adapun tujuannya, guna semaksimal mungkin dalam memutus penyebaran Coronavirus yang berpotensi masuk ke Mandau melalui para pendatang yang menginap di berbagai fasilitas penginapan di Duri.

“Ada Hotel Susuka, D.E Hotel, Hotel Harfiah, Grandzuri, Amadeo, Surya Hotel, berbagai Wisma dan Malahayati itu kan hotel atau tempat penginapan semua. Kalau sampai kita kecolongan, urusannya kan bahaya. Ini masalah keselamatan masyarakat banyak loh,” cetus Riki.

Guna memaksimalkan fungsi pencegahan dan pemberantasan penularan Covid-19, Riki Rihardi menyarankan kepada seluruh penyedia jasa penginapan yang ada di wilayah tugasnya untuk lebih kooperatif dalam memberi informasi.

“Jadi kalau ada tamu dari luar Mandau, apalagi itu dari wilayah terjangkit seperti Pekanbaru, bisa dilaporkan ke RT atau RW. Setidaknya kita punya langkah pencegahan, supaya nantinya warga pun tidak terkena dampaknya. Saya mau Mandau ini tentram, caranya ya kita harus terbuka dalam hal pemberantasan Corona,” pungkasnya.