PINANGKAMPAI.COM, DURI – Belasan bahkan puluhan warga di Kecamatan Mandau, Duri tampak memadati beberapa kantor perbankan yang ada di jalan lintas Sumatera, Hangtuah, Senin (4/5) pagi.

Kesesakan warga tampak merata, dengan semakin banyaknya calon nasabah di Bank BNI dan Riau Kepri. Tidak hanya di seputaran Hangtuah, kantor pelayanan perbankan milik BNI di jalan Jenderal Sudirman juga tampak diserbu warga.

Bukan hendak menarik nominal uang atau melakukan pengiriman kepada sanak saudara, antrean yang tampak padat dan mengular itu diketahui hendak melakukan pengurusan dalam pembukaan rekening baru.

Bank Riau Kepri, Hangtuah, Duri diserbu pengunjung yang hendak melakukan pengurusan buku rekening atau tabungan perdana

Ya, pembukaan rekening di Bank BNI dan Riau Kepri Duri disebut sebagai salah satu syarat dalam penyaluran sejumlah dana dari Pemerintah guna kepentingan bantuan langsung tunai (BLT) di tengah pandemi Coronavirus (Covid-19).

Terbilang nekat terus berada di keramaian, warga tak bisa menolak. Berbekal lembaran masker yang melekat di wajah, kepadatan warga semakin terasa hingga penerapan Social dan Physical Distancing tak lagi diindahkan.

Berlomba cepat, kerumunan kian berdesak menuju barisan terdepan untuk segera dipanggil dan dilayani pengurusannya sesuai nomor antrean yang telah diperoleh sejak kantor-kantor perbankan itu mulai membuka pintu.

“Mau buka rekening bank, biar bisa dapat bantuan,” kata Ranti, di depan kantor Bank Riau Kepri, Hangtuah.

Hingga sekitar pukul 09.24 WIB kepadatan itu semakin terasa, meski Corona kian meradang ketakutan warga akan jangkitan wabah itu terkalahkan dengan desakan ekonomi yang kian mencekik karena terpuruknya siklus keuangan di tengah kehiduoan bermasyarakat.